Home » » Profil dr. Yosep Usen Aman - Calon Bupati Flores Timur periode 2017-2022

Profil dr. Yosep Usen Aman - Calon Bupati Flores Timur periode 2017-2022

Biodata
  • Nama: Dr. Yosep Usen Aman
  • Tempat, tanggal lahir: Witihama, 15 November 1961
  • Alamat: Jln. Soedirman, Kelurahan Sarotari Timur, Larantuka
  • Jabatan: Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Flores Timur
  • Istri: Dra.Conny Carolina, Kumaunang MSi (almarhumah)
  • Anak: Mona Caecilia U. Aman dan Golden Antonius U. Aman.

Dokter Yoseph Usen Aman (lahir: 15 November 1961, Witihama) adalah Kepala dinas kesehatan flores timur. Pada pemilihan kepala daerah (PILKADA) kabupaten Flores Timur 2017, ia mendaftarkan diri menjadi bakal calon Bupati flores timur beserta pasangannya Mell Fernandez sebagai wakil bupatinya. Pasangan ini merupakan bakal calon perseorangan / independen.

Yosep Usen Aman, lahir di sebuah kampung kecil di pedalaman Pulau Adonara, tepatnya di Dusun Loga - Desa Lewo Pulo - Kecamatan Witihama - Kabupaten Flores Timur dari pasangan Ola Miten (almarhum) dan Kewa Tupen.


Pendidikan

Yosep Usen Aman menamatkan pendidikan dasar di Sekolah Dasar Katolik (SDK) Lamablawa - Kecamatan Witihama tahun 1976. Selepas itu ia melanjutkan pendidikan ke Sekolah Menengah Pertama Katolik (SMPK) Gotong Royong – Kecamatan Witihama sampai dengan tahun 1979. Tamat dari SMPK Gotong Royong, Yos memutuskan melanjutkan pendidikan menengah atas di SMAK Giovani Kupang.

Selepas dari jenjang ini, Yos sangat galau. Ia ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi namun tak memiliki cukup dana. Keluarganya hanya bisa menyekolahkan dirinya sampai ke jenjang SMA.

Keadaan orang tuanya ini, memaksa Yos membuat keputusan untuk bekerja. Tujuan mencari kerja waktu itu adalah ke negri Jiran – Malaysia. Iapun pergi ke Malaysia dan menjadi buruh migran pada salah satu perusahan kayu balak dengan gaji 7 ringgit per hari. Pekerjaan ini Ia geluti selama dua tahun untuk mengumpulkan uang. Setelah merasa cukup, Yos pun kembali dan melanjutkan studinya dan terus memburu cita-citanya menjadi seorang dokter.

Tahun 1983 ia kembali ke Indonesia dan melanjutkan study ke tingkat perguruan tinggi Universitas Hasanuddin Makassar pada Fakultas Kedokteran. Dalam perjalanan studinya, dokter terkadang harus minta cuti untuk kembali bekerja demi membiayai sekolahnya. Melalui perjuangan yang panjang dan melelahkan ini, pada tahun 1992 Yosep Usen Aman akhirnya sukses meraih gelar dokter muda di Universitas bergengsi di Kota Makasar ini.


Kepemimpinan

Sejak duduk dibangku SMA, Yosep Usen Aman terpilih menjadi ketua kelas II dan kelas III jurusan IPA di SMAK Giovani Kupang. Tidak hanya sampai disitu saja, saat menjadi Mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNHAS ia dipilih menjadi Ketua Adonara Sutudent Club (ASC) yang berkedudukan di Ujung Pandang (saat ini Makassar). Jiwa kepemimpinan pun semakin nampak ketika dipilih menjadi ketua Kelas Diklat Kepemimpinan tingkat IV di Kupang, ketua kelas Diklat Kepemimpinan tingkat III di Makassar, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Flores Timur tahun 2007 hingga sekarang.


Pengalaman bekerja dan karir

Pekerjaan pertamanya sebagai dokter ia jalani di Rumah Sakit Fatimah Pare-pare, Sulawesi selatan. Namun tak lama bekerja di rumah sakit ini, Yos akhirnya di terima sebagai dokter PTT di Kabupaten TTS sekaligus menjadi kepala Puskesmas (1992-1995). Tahun 1996 – 1998, Yos pindah menjadi Kepala Puskesmas Baun - kabupaten Kupang. Tahun 1999 – 2001, Yos pindah lagi dan menjadi kepala Puskesmas di Kota Kupang.

Pada tahun 2011, ia diminta Bupati Alor, Ans Takalapeta menjadi Direktur RSUD Kalabahi sampai tahun 2006.  Pada tahun 2006, Simon Hayon (Bupati Flores Timur saat itu) menghubungi Yos dan juga Bupati Alor untuk menarik Yos Usen Aman kembali ke Flores Timur menjadi Direktur RSUD Larantuka. Usen Aman kemudian diangkat menjadi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Flores Timur tahun 2009 hingga sekarang.

Sumber: http://sahabatyos01.blogspot.co.id/2016/05/dokter-yos-sempat-jadi-buruh-migran-di.htm