Biodata Lengkap Jopinus Ramli (JR) Saragih - Bupati Simalungun 2010-2015

Jopinus Ramli (JR) Saragih
Dr. Jopinus Ramli (JR) Saragih SH MH adalah Bupati Kabupaten Simalungun Provinsi Sumatera Utara periode 2010-2015 dan periode 2016 - 2021. Bersama wakilnya, Hj. Nuriaty Damanik, JR terpilih pada pilkada tahun 2010 dengan meraih 148.977 suara dari total 384.420 suara sah.

Pada Pilkada 2018. Jopinus Ramli (JR) Saragih dan Ance Selian menjadi Pasangan bakal calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur Sumatra Utara. Pasangan calon Dr JR Saragih SH, MM dan Ance Selian adalah kader dari Partai Demokrat. Didukung oleh koalisi Demokrat, PKB, dan PKPI.

Jopinus Ramli Saragih atau yang lebih dikenal dengan JR Saragih lahir di Medan pada 10 November 1968. Saat masih belum genap berumur 1 tahun, ayahnya tutup usia. Kemudian Saragih dititipkan kepada neneknya yang tinggal di Kecamatan Raya, Kabupaten Simalungun. Kasih sayang seorang nenek dirasakan Saragih hingga ia mengenyam pendidikan kelas IV sekolah dasar. Ia pun memutuskan meninggalkan Raya untuk melanjutkan sekolah di Kutabaru, Kecamatan Munthe, Kabupaten Tanah Karo.

Saragih bekerja untuk membayar biaya sekolahnya. Banyak pekerjaan yang sudah dia lakoni. Menyemir sepatu, menjadi kernet bus Simas dan Sepadan ia jalani dengan keteguhan hati. Pada tahun 1984, pendidikan SMP berhasil ia tamatkan dari sekolahnya di Kutabaru, Kecamatan Munthe,Kabupaten Tanah Karo. Ia pun memutuskan merantau ke Jakarta, untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi pada tahun 1984.

Di Ibukota, J.R.Saragih tinggal di rumah abangnya yang tertua selama enam bulan. Selanjutny ia memilih untuk indekos di Jakarta dan melanjutkan pendidikan ke SMA-1 Prasasti di bilangan Kemayoran, Jakarta Pusat.

JR adalah lulusan dengan pangkat Letnan Dua TNI Angkatan Darat. Sejumlah penugasan yang pernah dijalaninya antara lain jadi personel elite Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) dan Komandan Subdenpom Polisi Militer Angkatan Darat (POMAD) Purwakarta, Jawa Barat.

Usai menjalani tugas sebagai Komandan POMAD, JR memutuskan untuk mengakhiri kariernya di militer. Ia memilih mengembangkan usaha yang sudah dirintisnya: klinik kesehatan di Purwakarta. Sebuah klinik yang dia dirikan dengan mengumpulkan gajinya demi membantu warga yang kesulitan mengakses mahalnya layanan kesehatan. Tahun 2004, klinik itu berhasil dikembangkan JR menjadi Rumah Sakit dengan nama RS Efarina Etaham. Pada 2008, RS Efarina memperoleh akreditasi RS tipe A.

Saat ini, RS Efarina Etaham sudah berdiri di berastagi kabupaten karo dan pangkalan kerinci riau. Dengan RS ini, JR mendirikan SMA/SMK Plus Efarina dan Universitas Efarina.


Penghargaan
  • Bakti Koperasi dan Usaha Kecil Menengah 2013 dari Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI
  • Kepala Daerah Inovatif 2014 dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri)
  • Ambassador Electricity 2016 dari Gubernur Sumatera Utara

Sumber: