Biografi Konrad Zuse - Penemu Komputer Digital Pertama

Konrad Zuse (1910 - 1995) adalah seorang ilmuwan, teknisi sipil, dan pelopor komputer berkebangsaan Jerman. Zuse dikenal sebagai penemu komputer digital pertama di dunia. Pada tahun 1936, Zuse berhasil membangun mesin komputasi pertamanya yang disebut Z1. Pada tahun 1939, Zuse menciptakan Z2 sebagai komputer listrik pertama di dunia.

Pada tahun 1941, Zuse memperkenalkan Z3, komputer otomatis pertama yang terprogram. Z3 adalah komputer penyempurna Turing fungsional pertama yang dikendalikan oleh program. Zuse menciptakan Z3 untuk merancang pesawat dan peluru.

Meskipun model awal komputer Zuse dihancurkan saat Perang Dunia II, Zuse digadang sebagai pencipta komputer digital pertama. Zuse juga tercatat sebagai penemu mesin komputasi S2. Dia mendirikan salah satu bisnis komputer awal tahun 1941, memproduksi Z4, yang menjadi komputer komersial pertama di dunia.

Dari tahun 1943 - 1945  ia merancang bahasa pemrograman tingkat tinggi pertama, Plankalkul. Pada tahun 1969, Zuse menyarankan konsep alam semesta yang didasarkan perhitungan dan termuat dalam bukunya Rechnender Raum (Menghitung Ruang).


Biografi
Biografi Konrad Zuse - Penemu Komputer Digital Pertama

Konrad Zuse Lahir di Berlin, Jerman, pada 22 Juni 1910, ia pindah bersama keluarganya pada tahun 1912 ke Braunsberg, Prusia Timur. Ayahnya adalah seorang petugas pos. Zuse menghadiri Collegium Hosianum di Braunsberg. Pada tahun 1923, keluarganya pindah ke Hoyerswerda, di mana ia melewati Abiturnya pada tahun 1928, kualifikasi dia untuk masuk universitas.

Dia terdaftar di Technische Hochschule Berlin-Charlottenburg untuk belajark teknik dan arsitektur, tetapi hal tersebut membuat zuse bosan. Zuse kemudian belajar teknik sipil dan lulus pada tahun 1935. Untuk sementara waktu, ia bekerja untuk Ford Motor Company, menggunakan keterampilan artistik yang cukup besar dalam desain iklan. Ia mulai bekerja sebagai insinyur desain di Henschel pabrik pesawat di Schönefeld dekat Berlin.

Konrad Zuse menikah dengan Gisela Brandes pada bulan Januari 1945.mereka dikaruniai lima orang anak. Zuse meninggal pada 18 Desember 1995 di Hünfeld , Jerman (dekat Fulda ) akibat gagal jantung. 

Sumber: BLOG PENEMU, "Konrad Zuse - Penemu Komputer Z dan Bahasa Pemrograman"