Biografi Nikola Tesla, Penemu Arus Bolak-balik

Nikola Tesla adalah seorang  penemu, insinyur listrik, insinyur mekanik fisika, dan futuris berkebangsaan Serbia Amerika. Ia dikenal sebagai penemu sistem pasokan listrik bolak balik / alternating current (AC) modern.

Biografi Nikola Tesla, Penemu Arus Bolak-balik

Biografi

Nikola Tesla dilahirkan sebagai etnis Serbia di sebuah desa di Smiljan, Lika, Kekaisaran Austria (sekarang Kroasia) pada tanggal 10 Juli 1856. Tesla adalah anak keempat dari lima bersaudara. Ayahnya, Milutin Tesla, adalah seorang Pendeta Kristen Ortodoks Ibu Tesla, Đuka Tesla (née Mandic), yang ayahnya juga seorang pendeta Kristen Ortodoks, memiliki bakat untuk membuat alat kerajinan rumah, peralatan mekanik, dan kemampuan untuk menghafal puisi epik Serbia. Đuka tidak pernah menerima pendidikan formal. Nikola (nama panggilan sewaktu kecil) memiliki bakat memori eidetik dan kemampuan kreatif dari genetika dan pengaruh ibunya. Nenek moyang Tesla berasal dari bagian barat Serbia, dekat Montenegro.

Tesla memperoleh pengalaman dalam telepon dan teknik elektro sebelum beremigrasi ke Amerika Serikat pada tahun 1884 untuk bekerja pada Thomas Edison di New York City. Selanjutnya dia mampu bekerja secara mandiri dengan dukungan keuangan, menyiapkan laboratorium dan perusahaan untuk mengembangkan berbagai perangkat listrik.

Tesla mematenkan motor AC induksi dan transformator yang dilisensi oleh George Westinghouse, yang juga disewa Tesla untuk waktu yang singkat sebagai konsultan.

Tesla melanjutkan percobaannya tentang  pencahayaan nirkabel dan distribusi listrik bertegangan tinggi, frekuensi tinggi. Eksperimennya di New York dan Colorado Springs yang dibuat pada awal 1893, menyatakan tentang kemungkinan komunikasi nirkabel dengan perangkat nya.  Ia juga melakukan berbagai eksperimen dengan osilator mekanik / generator, tabung debit listrik, dan pencitraan X-ray awal. Dia bahkan membangun sebuah perahu yang dikendalikan secara nirkabel yang menjadi perangkat pertama kali yang pernah dipamerkan.

Nikola Tesla meninggal pada tanggal 7 Januari 1943. Karya Tesla jatuh pada  ketidakjelasan setelah kematiannya, tetapi sejak tahun 1990, reputasinya mengalami kebangkitan dalam budaya populer.

Tesla dengan simbol T adalah Satuan Internasional (SI) dari intensitas magnet, pada konferensi CGPM (Conference Generale des Poids et Mesures) di paris pada tahun 1960, satuan ini diberi nama untuk menhormati penemunya yaitu Nikola Tesla, yakni seorang ahli listrik yang memberikan kontribusi penting pada bidang Keelektromagnetan.


Penghargaan

  1. Ordo St Sava , II Class, Pemerintah Serbia (1892)
  2. Elliott Cresson Medal (1894) 
  3. Orde Pangeran Danilo I (1895) 
  4. Edison Medal (1916) 
  5. Ordo St Sava , I Class, Pemerintah Yugoslavia (1926) 
  6. Orde Yugoslavia Crown (1931) 
  7. John Scott Medal (1934) 
  8. Orde White Eagle , I Kelas, Pemerintah Yugoslavia (1936) 
  9. Orde White Lion , I Class, Pemerintah Cekoslowakia (1937) 
  10. University of Paris Medal (1937) 
  11. The Medal dari Universitas St Clement dari Ochrida , Sofia, Bulgaria (1939)