Home » , , » Biografi Mikhail Gorbachev - Tokoh yang Mengakhiri Perang Dingin dan Komunisme di Uni Soviet

Biografi Mikhail Gorbachev - Tokoh yang Mengakhiri Perang Dingin dan Komunisme di Uni Soviet

Mikhail Gorbachev
Mikhail Gorbachev
Михаил Горбачёв
Kepala Negara Uni Soviet (Presiden Uni Soviet per 15 Maret 1990) 
Masa jabatan: 1 Oktober 1988 – 25 Desember 1991 

Sekretaris Jenderal Partai Komunis Uni Soviet ke-5 
Masa jabatan: 11 Maret 1985 – 24 Agustus 1991 

Nama lahir: 
Mikhail Sergeyevich Gorbachev 

Tanggal lahir: 2 Maret 1931 Tempat lahir: Privolnoye, Krai Stavropol, RSFS Rusia, Uni Soviet 

Partai politik:
Partai Komunis Uni Soviet(1950–1991), Partai Sosial Demokratik Rusia (2001–2004), Uni Sosial Demokrat (2007–sekarang), Partai Demokratik Independen Rusia (2008–sekarang) 
Pasangan: 
Raisa Gorbachova (1953-1999) 

Alma mater: 
Universitas Negeri Moskwa 

Profesi: Politikus, pengacara
Mikhail Sergeyevich Gorbachyov (bahasa Rusia: Михаи́л Серге́евич Горбачёв, Mihaíl Sergéevich Gorbachëv) adalah politikus Rusia dan pemimpin Uni Soviet periode 1985 hingga bubarnya pada tahun 1991. Pada tanggal 11 Maret 1985, ia menjadi Sekretaris Jenderal Partai Komunis Uni Soviet kelima untuk menggantikan Konstantin Chernenko yang wafat.

Pada masa pemerintahannya, ia melakukan perubahan besar-besaran dalam sistem perekonomian dan politik yang secara langsung maupun tidak langsung memicu bubarnya Uni Soviet. Ia mengundurkan diri sebagai Presiden Uni Soviet pada tanggal 25 Desember 1991 menyusul percobaan kudeta oleh kelompok garis keras di Moskwa pada bulan Agustus 1991 yang dipicu oleh adanya pertentangan atas rencana perubahan bentuk negara.

Awal kehidupan

Gorbachev lahir pada 2 Maret 1931 di Stavropol, Rusia SFSR, Uni Soviet, dalam sebuah keluarga campuran Rusia-Ukraina, migran dari Voronezh dan Chernigov Governorat. Pada masa kanak-kanak ia pernah mengalami kelaparan Soviet dari 1932-1933. Dia masih ingat bahwa "Pada tahun yang mengerikan [tahun 1933] hampir setengah penduduk desa, termasuk ibu saya, Privolnoye, mati kelaparan, dua saudara perempuan dan satu saudara ayahku." Kedua kakeknya ditangkap atas tuduhan palsu pada 1930-an; kakek dari pihak ayah Andrey Moiseyevich Gorbachev (Андрей Моисеевич Горбачев) dikirim ke pengasingan di Siberia.

Ayahnya adalah seorang operator yang menggabungkan pemanen dan veteran Perang Dunia II, bernama Sergey Andreyevich Gorbachev. Ibunya, Maria Panteleyevna Gorbacheva (née Gopkalo), adalah pekerja kolkhoz. Pada usia remaja, ia beroperasi menggabungkan pemanen di pertanian kolektif.

Pendidikan dan karir

Dia lulus dari Moskow State University pada tahun 1955 dengan gelar di bidang hukum. Pada tahun 1967 ia memenuhi syarat sebagai ekonom pertanian melalui gelar korespondensi master di Institut Pertanian Stavropol. Sementara di universitas, ia bergabung dengan Partai Komunis Uni Soviet dan segera menjadi sangat aktif dalam partai.

Pada tahun 1970, ia diangkat sebagai Sekretaris Partai Pertama Stavropol Kraikom, Sekretaris Pertama Soviet Agung pada tahun 1974, dan ditunjuk sebagai anggota dari Politbiro pada tahun 1979. Dalam waktu tiga tahun dari kematian pemimpin Soviet Leonid Brezhnev, Yuri Andropov, dan Konstantin Chernenko, Gorbachev terpilih menjadi Sekretaris Jenderal oleh Politbiro pada tahun 1985.

Kehidupan pribadi

Gorbachev bertemu dengan calon istrinya, Raisa Titarenko di Moscow State University. Mereka menikah pada September 1953 dan pindah ke Stavropol setelah lulus. Dia melahirkan anak tunggal mereka, putri Irina Mikhailovna Virganskaya (Ирина Михайловна Вирганская), pada tahun 1957. Raisa Gorbacheva meninggal karena leukemia pada tahun 1999. Gorbachev memiliki dua cucu (Ksenia dan Anastasia) dan satu cucu besar (Aleksandra).

Peran dan penghargaan

Kebijakan Gorbachev, glasnost ("keterbukaan") dan perestroika ("restrukturisasi") serta konferensi puncak dengan Presiden Amerika Serikat Ronald Reagan dan reorientasi tentang tujuan strategis Soviet berkontribusi mengakhiri Perang Dingin, menghapus peran konstitusional Komunis, dan secara tidak sengaja menyebabkan bubarnya Uni Soviet. Dia dianugerahi Medali Perdamaian Otto Hahn pada tahun 1989, Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 1990 dan Harvey Prize pada tahun 1992 serta gelar doktor kehormatan dari berbagai universitas.