Home » , , » Profil dan Biodata Dedi Gumelar Alias Miing Bagito

Profil dan Biodata Dedi Gumelar Alias Miing Bagito

Dedi Gumelar Alias Miing Bagito
Dedi Suwendi Gumelar
Nama Lengkap: Tubagus Dedi Suwandi Gumelar

Lahir: Rabu 27 April 1958,  Banten, Indonesia

Pekerjaan: aktor, pelawak, politikus

Agama: Islam

Isteri: Lisma Bidhi Wahyuni

Tubagus Dedi Suwendi Gumelar adalah salah seorang komedian Indonesia berdarah Sunda yang menjadi pendiri grup komedi Bagito. Ia juga anggota DPR periode 2009-2014 dari PDI-P asal Provinsi Banten. Di panggung ia dikenal sebagai tokoh Miing. Dedi Gumelar adalah abang dari Didin Pinasti, juga anggota Bagito.


Latar belakang

Pria yang lahir di Lebak, Banten pada 27 April 1958 ini, Kariernya diawali sebagai pengisi acara komedi di stasiun radio SK (Suara Kejayaan) pada tahun 1980-an bersama Bagito, dengan anggota tambahan Yanto (kemudian keluar dari Bagito). Sebelumnya, ia juga menjadi anggota tim kreatif Warkop DKI. Dalam sandiwara radio berdurasi dua jam yang diisinya, Dedi berperan sebagai Pak RT ("Ketua RT"), Miing (seorang anggota Hansip), dan Ina (satu-satunya tokoh perempuan).

Setelah keluarnya Yanto, Miing dan Didin mencari anggota baru dan terus berkarya dengan anggota baru mereka, Hadi Wibowo, atau lebih akrab dengan label panggung, Unang. Kembali trio komedian ini membesarkan nama Bagito hingga berhasil merambah 'panggung lawak terbesar' di Indonesia, layar televisi.

Dan sejak saat itu, trio Bagito bisa disebut sukses menoreh prestasi sebagai salah satu kelompok lawak paling terkenal Indonesia. Grup Bagito kemudian tampil di layar televisi dan meraih kepopuleran nasional. di sini hanya tokoh Miing yang dihidupkan dan kemudian menjadi trade mark-nya.


Terjun ke dunia politik

Miing mulai menunjukkan ketertarikan serius terhadap dunia politik setelah muncul wacana pemisahan wilayah Banten dari propinsi induknya, Jawa Barat. Dan keseriusan tersebut dibuktikan dengan dukungan dan kerja kerasnya hingga terwujudnya wacana tersebut.

Keterlibatan Dedi dalam perpolitikan dimulai ketika ia menjadi anggota tim sukses pendirian Provinsi Banten, memisahkan diri dari Jawa Barat. Selanjutnya, ia masuk sebagai anggota PDI-P.

Dia menjadi anggota Komisi X yang membawahi bidang Pendidikan, Pemuda, Olahraga, Pariwisata, Kesenian, dan Kebudayaan. Selama jadi anggota dewan, Miing sempat menggagas pembangunan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pertambangan dan Kelautan di Kabupaten Pandeglang yang menjadi daerah pemilihannya saat ia mencalonkan diri sebagai anggota legislatif, yang rencananya dibangun di Kecamatan Cibaliung. Gagasan tersebut dilandasi dengan banyaknya potensi sumber daya alam pertambangan dan kelautan di Kabupaten Pandeglang, terutama di wilayah selatan.

Sumber:
- Wikipedia
- Merdeka