Home » , » Profil Ucup Palentin Pemeran Ubed "Preman Pensiun"

Profil Ucup Palentin Pemeran Ubed "Preman Pensiun"

Ucup Palentin Pemeran Ubed
 Ucup Palentin (kanan)
Profil
Lahir: 13 Desember
Tempat tinggal: Lembang
Pendidikan: SMAN 1 Lembang
Pekerjaan: Dancer, Pemain Sinetron
Akun Twitter: https://twitter.com/ucuppalentin
Akun Instagram: https://instagram.com/ucuppalentin

Yusup atau biasa dipanggil Ucup Palentin adalah aktor yang memerankan sosok Ubed dalam sinetron "Preman Pensiun" yang ditayangkan RCTI.

Ucup lahir pada 13 Desember, sekarang ia tinggal di daerah Lembang. Ia dulu pernah bersekolah di SMAN 1 Lembang. Pengalamannya di dunia hiburan, dari kecil Ucup biasa manggung di panggung panggung, seperti main kabaret, tampil di acara Rajaban, hingga menjadi MC.

Dunia peran sudah ia kenal sejak duduk di bangku SMA, ia aktif di teater dengan bimbingan langsung dari Kang Kemal Ferdiansyah, seorang seniman teater di Kota Bandung. Untuk lebih mengasah ilmu seni peran, Ucup lalu bergabung di Anka Andika Production (AAP) yang biasa menggelar latihan teater di Dago Tea House. Di Aap, Ucup kerap ikut pentas kabaret. Lebih dari itu, Ucup pun pernah bergabung di Studiklub Teater Bandung (STB) dan Laskar Panggung. Ucup juga dekat dengan pemain lain yang sama-sama pernah di AAP, diantaranya Sandi Tile (pemeran Amin) dan Pangeran Tyson (pemeran Joni). Bahkan Sandi pernah mengajaknya untuk ikut casting-casting di Jakarta. Dan Ucup pernah main di sinetron juga FTV.

Waktu kecil ucup bercita-cita ingin menjadi tentara, hal itu disebabkan karena lingkungan tempat tinggalnya di Lembang dekat dengan kompleks TNI. Iapun pernah ikut menjadi dancer bahkan sampai jadi manajer dancer. Di dunia dancer pula, pada 2007 nama Ucup Palentin itu mulai disematkan.

Nama Ucup Palentin pertama disematkan, pada Februari 2007. Saat itu ia jadi bagian tim pengisi event Proliga di Bali, nama "Palentin" disematkan oleh Kang Yuki (pimpinan group dancer Yukitanari). Sebelumnya, Ucup dikenal dengan nama Ucup LBG alias Ucup Lembang. Selanjutnya namanya menjadi "Ucup Palentin". Selain pernah jadi dancer, Ucup juga pernah siaran di South East (SE) Tropicana. Pada 2008 ia juga pernah menjajal casting di Jakarta dan kebagian salah satu peran di FTV. Ia juga pernah main di sinetron "The Adventure of Suparman" garapan Aris Nugraha, dimana ia kebagian peran jadi penjahat.

Setelah mencoba menjajal Jakarta, Ucup kemudian kembali lagi ke Bandung. Saat itu, ia sempat merasakan kegalauan. Ia menganggap bahwa dunia hiburan dirasa bukan jalannya. Akhirnya, Ucup mencoba banting setir dengan mencoba bisnis jualan sepatu, kaos, dan barang lainnya yang kiranya bisa mendukung penghidupan. Rupanya, dunia seni peran yang Ucup sebut "hobi yang yang sesuai dengan jiwa" kembali memanggil dirinya. Di Bandung inilah, dunia entertain kembali ia jajal ketika dipanggil untuk memerankan tokoh Ubed di sinetron "Preman Pensiun".


Peran dalam "Preman Pensiun"

Dalam sinetron "Preman Pensiun" Ucup berperan sebagai Ubed, sosok dari tim copet yang punya ciri khas suka bawa tas ransel di depan dan kerap kali sukar memahami apa yang dikatakan Saep. Ia pun bimbang ketika berposisi di antara dua pilihan: terus nyopet atau ikut saran Dewi untuk kerja yang halal. Kelihaiannya mencopet sudah teruji saat ia pertama gabung dengan tim copet.

Dengan dibimbing supervisor Saep, maka Ubed pun menjadi tumpuan Saep dan Juned (bos copet) dalam urusan mengumpulkan uang secara instan. Namun, kehadiran Dewi mengubah pola hubungan di antara genk copet. Inilah yang kemudian menjadikan Ubed berada di dua kutub. Maklumlah, Dewi adalah wanita yang sanggup merontokkan hati Ubed dan kerap menjadi teman curhat di Taman Cuanki (Taman Lansia). Sementara di sisi lain, Ubed harus berada dalam kutub satu lagi yakni one for all, all for one alias sikap setia kawan pada Juned dan Saep.

Namun pada akhirnya, Ubed keluar dari dunia percopetan, dan mencoba beberapa usaha, terkhir ia berjualan cilok bersama Dewi yang juga keluar dari geng copet. Bagaimana kisah selanjutnya? silahkan simak episode selanjutnya di Preman Pensiun 2.


Sumber: