Home » » Profil dan Biodata Young Lex (Samuel Alexander Pieter) - Rapper dan Youtuber Indonesia

Profil dan Biodata Young Lex (Samuel Alexander Pieter) - Rapper dan Youtuber Indonesia

Young Lex (Samuel Alexander Pieter)Biodata Young Lex
  • Nama Lengkap: Samuel Alexander Pieter
  • Lahir: 18 April 1992, Jakarta, Indonesia
  • pendidikan: SMA 30 Rawasari
  • Pekerjaan: Penyanyi (Rapper), Vlogger
  • Nama Fans: Lex Sugar
  • Agama: Kristen
  • Channel Youtube: @unclesamindo
  • Google Plus: Young Lex
  • Twitter: @Young_Lexx
  • Instagram: young_lex18
  • Facebook: Young-Lex
  • Soundcloud: young_lex

Samuel Alexander Pieter atau dikenal dengan nama Young Lex adalah seorang penyanyi dan pencipta lagu, Rapper dan Youtuber Indonesia. Namanya mulai dikenal pencinta musik hip hop Indonesia setelah lagu-lagunya seperti "O Aja Ya Kan", "Super Swag", "Single Woles", "Ini Gaya Gue", "GC (Gerak Cepet)", dan "Jangan Pergi" meluas lewat jalur independen dan media sosial.  Young Lex adalah namn baru, sebelumnya ia memakai nama panggung Uncle Sam.


Perjalanan hidup dan Karier

Young Lex lahir di Jakarta pada 18 April 1992. Ia merupakan anak ketiga dari tiga bersaudara Pasangan orang tua yang berdarah Batak dan Ambon.

Kecintaannya akan musik sudah terlihat sejak kecil meski hanya sebagai pendengar. Saat SMP Young-Lex telah menyukai musik, dimana ia sangat suka mendengarkan lagu Iwan Fals dan Slank.

Saat masih duduk di bangku SMP, Lex sempat berjualan Nasi uduk yang dibelinya dengan harga 5.000 dan dijual kembali dengan harga 7.000 sembari benyayi-nyayi.

Menginjak Bangku SMA tepatnya di SMA 30 Rawasari, Young Lex mulai mendalami lagu Hip Hop. Setelah lulus dari SMA dengan jangka waktu yang lumayan panjang akhirnya Young Lex bertemu dengan Felix yang membuatnya lebih semangat lagi untuk mendalami lagu Hip Hop.

Akhirnya pada tahun 2010 ia mulai membuat lagu untuk sekedar iseng yang ia upload di Facebook. Dari keisengan tersebut ternyata berbuah manis, iapun mendapat tawaran manggung perdananya di sebuah sekolah SMA di Jakarta untuk sebuah event bersama dengan Rapper lainnya yaitu J.Flo dan Uncle Sam.

Berawal dari situlah tekad young Lex semakin besar. Ia mencoba mencari modal awal rekaman single pertamanya secara mandiri dengan bekerja sebagai Office Boy (OB) untuk mengumpulkan uang selama beberapa bulan, meski percobaan ini gagal.

Iapun mencoba peruntungan kedua dengan bekerja sebagai salah satu penjual tiket di salah satu gerai bioskop terkemuka untuk mencari modal pembuatan single keduanya, cara inipun masih gagal.

Dengan kegagalan yang pernah ia alami membuat Young Lex bertekad menjadikan percobaan single ketiganya merupakan tekad terakhir. Ia sempat berniat untuk meninggalkan dunia musik jika ia masih gagal di percobaan terakhir ini. Ternyata kali ini keberuntungan menghampiri Young lex. Singlenya yang berjudul “Ini Gaya Gue” sukses disambut oleh banyak anak-anak ABG kala itu, dan menghasilkan banyak job off air.

Ia pun akhirnya diapresiasi oleh berbagai rapper dan musisi papan atas Indonesia, seperti Iwa-K, J-Flo, Cowboy Junior, hingga Aliando yang sering memakai Wording maupun judul lagu ciptaan Young Lex seperti Cabe-Cabean, SWAG (Single Woles Anti Galau), BMW (Body Mengalahkan Wajah), dan masih banyak lagi. Iapun saat ini aktif dengan salah satu komunitas rapper terbesar di Jakarta.


Mulai dikenal luas

Young Lex (Samuel Alexander Pieter)Young Lex Memulai debutnya di dunia tarik suara dengan genre Hip-hop pada tahun 2011. Saat itu Young Lex masih bernama Uncle Sam. Mengawali karirnya sebagai rapper tak lepas dari pertemuannya dengan Felix (Flizzy).

Bermula dari Youtube, rapper Young Lex bergabung dengan label untuk melebarkan kariernya. Tembang "O Aja Ya Kan" yang telah diunggah ke Youtube sejak tahun 2014, dirilis ulang dengan aransemen berbeda oleh Lex. Bersama label Trinity Optima Production, lagu "O Aja Ya Kan" dinyanyikan Lex berkolaborasi dengan TJ dan Kemal. Di Youtube, videoklip "O Aja Ya Kan" telah ditonton 3 juta viewer.

Namanya mulai dikenal pencinta musik hip hop Indonesia setelah lagu-lagunya seperti "O Aja Ya Kan", "Super Swag", "Single Woles", "Ini Gaya Gue", "GC (Gerak Cepet)", dan "Jangan Pergi" meluas lewat jalur independen dan media sosial. Pada 2012, lagu "Ini Gaya Gue" dirilis ulang Lex bersama Iwa K untuk menjadi soundtrack film "King of Rock City" yang dibintangi musisi rap dan hip-hop Indonesia, seperti Iwa K, Derry 'Neo', Jaydee 'Soul ID', Saykoji, dan Yacko.

Lagu-lagu karya Lex memiliki kekuatan dari temanya yang sangat anak muda, lirik catchy, serta beat yang dinamis. Menurut Lex, saat menulis lagu dia terbiasa melakoni riset. Inspirasi lagunya datang dari diri sendiri, cerita orang lain dan lingkungan sekitarnya.

Rekam jejak seorang Young-Lex telah ia utarakan melalui salah satu video di Channel Youtube yang berjudul "Draw My Life - Young Lex #DrawMyLex". Disitu ia bercerita perjalanan hidupnya sejak masih berstatus pelajar SMP PSKD 1.


Karya

Sampai saat ini, Young-Lex telah mengeluarkan satu album dengan diberi label YOGS singkatan dari Young Original Gila Swag. Dengan memasukkan kurang lebih 9 lagu didalamnya, diantaranya: O Aja Ya Kan, Senyumin Aja, Delete Contact, Super Swag, YOGS, Teman Palsu Cabs Pake Motor, Titik Dua Bintang, Kaca.

Melalui Channel youtubenya, Young Lex terbilang aktif dalam mengeluarkan video garapannya. DIantaranya ia pernah berduet dengan Awkarin dengan judul lagu "BAD". Di video ini banyak menuai bermacam respon dari netizen, baik itu haters maupun lovers.

Di tahun 2016, Young-Lex lewat lagunya yang berjudul O Aja Ya kan feat. Kemal Tj berhasil masuk Nominasi AMI Award untuk Karya Produksi Rap/Hip Hop Terbaik.

Setelah 'O Aja Ya Kan", Lex mengaku akan merilis single baru dengan duet bersama Gamaliel Tapiheru. Rencananya tahun depan ia akan rilis album dan buku yang berjudul 'Hip Hope'.

Sebelumnya Young Lex adalah anak yang sangat nakal, sering ikut tawuran bahkan kepalanya pernah bocor karena kena leparan batu. Awas Jangan Ditiru. Tapi itu semua hanya masa lalu dan sekarang Young Lex memulai hidup yang baru dengan belajar dan mendalami lagu hip hop.

Lex Sugar, itulah panggilan untuk Fansnya Young Lex. Yang memberi semangat untuk membuat karya-karya baru sehingga tahun lalu tepatnya Bulan April 2015 Young Lex membuat Mini Konser yang diadakan di Gor Bulungan kawasan Blok M Jakarta Selatan dengan membawakan Album baru yang berjudul Y.O.G.S (Young Original Gila Swag).



Sumber: