Home » , » Profil & Biodata Yana Zein

Profil & Biodata Yana Zein

Yana Zein BiodataYana Zein
  • Nama lahir: Suryana Nurzaman Zein
  • Nama lain: Yana Zein
  • Lahir: 27 Agustus 1972, Moscow, Rusia
  • Pekerjaan: aktris
  • Tahun aktif: 1987-sekarang
  • Pasangan: Fahmi Darmawansyah (cerai)
  • Anak: Aurelia Callista
  • Alika: Pandora Salvine
  • Agama: Islam

Yana Zein merupakan artis sinetron, foto model dan bintang film yang kerap terlibat dalam judul sinetron populer. Ia pernah membintangi sinetron Apa Katanya Cinta, Doa dan Anugerah. Ia juga pernah berakting di film layar lebar, Cintaku di Rumah Susun, Kutunggu Jandamu serta Susuk Pocong. Saat ini Yana Zein terkena kanker payudara. Dikutip dari www.bintang.com Kondisinya saat ini cukup memprihatinkan. Melalui foto yang diberikan survival cancer, Ria Irawan, tampak jelas kondisi tubuh Yana Zein yang kurus dan sedang dirawat.

Yana Zein lahir dengan nama lengkap Suryana Nurzaman Zein pada 27 Agustus 1972 di Rusia Moscow, Rusia. Yana Zein merupakan Artis sinetron yang sudah lama sekali malang melintang di dunia pertelevisian indonesia, dirinya sering sekali muncul dibeberapa judul sinetron indonesia, Yana Zein sering sekali berperan sebagai wanita dengan peran antagonis dalam setip judul sinetron atau judul film yang dibintanginya.

Ia mengawali karir keartisanya pada tahun 1987, saat itu Yana Zein berperan disatu judul film tanah air yaitu Cinta Di Rumah Susun, lama tidak terdengar saat itu Yana dikabarkan menikah dengan seorang pengusaha pada tahun 1993 yang bernama Fahmi Darmawansyah yang saat ini menjadi suami dari Inneke Koesherawati. Namun, pernikahan mereka kandas ditengah jalan.


Kembali ke dunia akting

Lama tak muncul di dunia akting, Yana Zein kembali pada tahun 2001, namun pada akhir tahun 2016 ia dikabarkan mengidap penyakit kangker payudara stadium 4 sehingga harus menjalani perawatan. Hal ini mengakibatkan seluruh hasil jerih payahnya di dunia pertelevisian habis untuk biaya perawatan penyakit yang dideritanya.

Sejak bulan Juni 2016 silam, artis Yana Zein harus merawat dua putrinya seorang diri karena sang suami telah meninggal. Almarhum terserang penyakit parkinson selama bertahun-tahun hingga akhirnya tak bisa bertahan.


Berjuang melawan penyakit kanker

Selama mengidap penyakit kanker payudara stadium 4, Kondisinya amat memprihatinkan. Kepalanya saat ini tanpa rambut, ia juga mengalami pembengkakan di bagian tangan dan kakinya.

Yana Zein mengaku sedih lantaran kedua putrinya tidak bisa melanjutkan sekolah karena sudah tidak ada biaya lagi, anak pertama harusnya kelas 2 SMP, dan satunya harusnya kelas 1 SMP.

Yana Zein ternyata sudah mengetahui kanker payudara yang dideritanya ini sejak sekitar setahun yang lalu. Namun pada saat itu dikarenakan sedang sibuk syuting juga (sinetron Cinta Di Langit Taj Mahal) jadi belum bisa berobat dengan baik dan berobatnya belum terlalu intens.

Sebelumnya Ia pernah bermain di Film seperti: Cintaku di Rumah Susun (1987), Kutunggu Jandamu (2008), dan Susuk Pocong (2009). Selain itu ia juga pernah bermain dalam sinetron Di Antara Dua Pilihan (1999), Apa Katanya Cinta (2001), Tersanjung (2001-2003), Doa dan Anugerah (2002-2003), HIV + (2003), Ada Jalan Ke Roma (2004), Hidayah (2006), Anak Membawa Berkah (2009), serta Cinta di Langit Taj Mahal (2015).

Selain berakting, Yana Zein dikenal sebagai model cantik yang wajahnya sering sekali menjadi cover majalah-majalah terkenal.


Meninggal dunia

Aktris sinetron Yana Zein mengembuskan napas terakhirnya pada Kamis (1/6/2017) pukul 01.05 dini hari di RS Mayapada, Jakarta Selatan. Sebelumnya, Rabu (31/5/2017), Yana Zein sempat dilarikan ke Rumah Sakit Mayapada, Jakarta Selatan. Kondisi kesehatannya dikabarkan menurun hingga tak sadarkan diri.


Sumber: