Profil Prof Dr Eko Prasojo - Moderator Debat Kedua Cagub DKI

Prof Dr Eko Prasojo Dalam debat kedua Calon Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta 2017-2077, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta akan menggelar dengan tema Reformasi Birokrasi, Pelayanan Publik dan Perencanaan Tata Ruang dan Wilayah. Acara tersebut dilangsungkan di Birawa Ballroom, Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, pada Jumat (27/1/2017).

Tiga pasang cagub-cawagub DKI Jakarta, yaitu pasangan nomor urut I, Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, pasangan nomor urut II, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saeful Hidayat, dan pasangan nomor urut III, Anies Baswedan-Sandiaga Uno, akan kembali bertarung visi-misi dalam membangun kota metropolitan.

Terdapat Dua nama moderator yang sudah diumumkan oleh pihak penyelenggara pemilu di wilayah DKI Jakarta tersebut. Mereka yaitu, presenter Tina Talisa dan Prof Dr Eko Prasojo. Berikut ini kami sajikan Profil moderator yang bernama Prof Dr Eko Prasojo.

Baca: Profil TinaTalisa

Eko Prasodjo merupakan Guru Besar Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia (UI), ia juga pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi.  Ia merupakan profesor termuda di FISIP UI ketika masih berumur 33 tahun dan merupakan ahli di bidang Kebijakan Publik. Ia juga merupakan guru besar Departemen Ilmu Administrasi FISIP UI.


Jabatan
  • Anggota Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah (DPOD, Departemen Dalam Negeri Republik Indonesia, 2005-sekarang).
  • Anggota tim Desk Pilkada (Depdagri RI, 2005-sekarang).
  • Anggota Tim Penyusunan RUU Administrasi Pemerintahan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Republik Indonesia (2004-sekarang).
  • Konsultan dan Advisor Support for Good Governance (SfGG) GTZ Jerman di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara RI (2003]-sekarang).
  • Ketua Studi dan Workshop Pemberdayaan Institusi Lokal, Institute for Science and Technology Studies (ISTECS) Chapter Europe, Jerman.

Pendidikan

Ia menyelesaikan pendidikan S-1 di bidang Ilmu Administrasi Publik, FISIP-UI pada 1995, dan melanjutkan dan meraih gelar Master of Public Administration (Mag. rer. publ.) dari Deutsche Hochschule fur Verwaltungswissenschaften Speyer (Speyer Post-Graduate Program for Public Administration, Germany (2000), dan meraih gelar doktor di tempat yang sama pada tahun 2003.


Publikasi
  • Indonesian towards Federalism: The Reform of Financial Relation between Central and Local Government by Considering German’s Financial Relations Experience (dipresentasikan pada 5th Indonesian Students Scientific Meeting (ISSM), Yearly International Indonesian Students Forum, 6-7 Oktober 2000 di Paris.
  • Politische Dezentralisierung in Indonesien (Political Decentralisation in Indonesia) sebagai Disertasi Ph.D. (Peter Lang Publisher, Frankfurt, Germany, 2003).
  • Demokrasi di Negeri Mimpi: Catatan Kritis terhadap Pemilu 2004 dan Good Governance di Indonesia (Departemen Ilmu Administrasi Press FISIP UI, Jakarta, 2005).

Beberapa artikel dalam surat kabar dan majalah
  • Revitalisasi Administrasi negara (Kompas, 4 Januari 2006).
  • Quo Vadis Otonomi Daerah di Indonesia (Sinar Harapan, 29 Juli 2003).


Sumber: Wikipedia