Home » » Biografi Rosario Castellanos - Penyair & Penulis Meksiko

Biografi Rosario Castellanos - Penyair & Penulis Meksiko

Rosario Castellanos
Rosario Castellanos dalam peringatan hari ulang tahun ke-91, oleh Google Doodle
Rosario Castellanos Figueroa (pengucapan Spanyol: [rosaɾjo kasteʝanos]) adalah seorang penyair dan penulis Meksiko. Dia adalah salah satu sastrawati paling penting di Meksiko pada abad terakhir. Sepanjang hidupnya, ia banyak menulis tentang isu-isu penindasan budaya dan jenis kelam!n, dan karyanya telah mempengaruhi teori feminis dan studi budaya. Meskipun dia mati muda, ia membuka pintu literatur Meksiko untuk perempuan, dan meninggalkan warisan yang masih bergema hingga saat ini.

Rosario Castellanos lahir pada 25 Mei 1925 di Mexico City, Meksiko. Rosario Castellanos mulai menulis puisi pada tahun 1940. Awalnya, ia berusaha menyenangkan orangtuanya dengan belajar hukum, tetapi malah meninggalkan ilmu tersebut.

Pada tahun 1950, Rosario Castellanos mendapat gelar Master di bidang filosofi dari Universidad Nacional de Mexico. Tesisnya yang berjudul Sobre Cultura Femenina menjadi salah satu pemacu gerakan wanita di Meksiko kala itu.

Sepanjang karirnya, Rosario Castellanos menulis beberapa seri puisi, novel, cerita pendek, dan juga essay. Kebanyakan karyanya mengeksplorasi kehidupan sebagai wanita dan menjadi seorang Meksiko.

Salah satu karyanya yang paling terkenal adalah Ciudad Real, yang berisikan potret kehidupan warga Chamula, Meksiko. Untuk menulis karyanya yang satu ini, Rosario Castellanos mewawancarai doktor dan antropolog yang berjuang menyelesaikan masalah di tempat itu.

Beberapa karya Rosario Castellanos yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris adalah Trayectoria del polvo, Looking at the Mona Lisa, Ciudad Real, dan Balun Canan.

Pada bulan Agustus 1974 7, Castellanos meninggal di Tel Aviv karena kecelakaan yang terkait dengan listrik. Beberapa orang berspekulasi bahwa kecelakaan itu sebenarnya akibat bunuh diri. Penulis Meksiko Martha Cerda, misalnya, menulis kepada wartawan Lucina kathmann, "Saya percaya dia melakukan bunuh diri, meskipun dia sudah merasa dia sudah mati untuk beberapa waktu.". Namun tidak ada bukti untuk mendukung klaim seperti itu.

Pada 25 Mei 2016, Google menampilkan gambar  Rosario Castellanos di halaman depannya sebagai peringatan hari lahir  Rosario Castellanos ke-91.


Biodata Rosario Castellanos:
  • lahir: 25 Mei 1925 Mexico City, Meksiko
  • Meninggal : 7 Agustus 1974 Tel Aviv, Israel
  • Pekerjaan: Penyair dan penulis
  • Bahasa: Spanyol
  • Kebangsaan: Meksiko
  • pendidikan: Universitas Otonomi Nasional Meksiko
  • gerakan sastra: Generasi 1950