Home » , » Profil dan Biodata Max Verstappen- Pembalap Termuda F1

Profil dan Biodata Max Verstappen- Pembalap Termuda F1

Max Verstappen
Max Emilian Verstappen (pengucapan Belanda: [mɑks eːˈmiliɑn vɛrˈstɑpən] merupakan seorang pembalap mobil profesional asal Belanda kelahiran Belgia. Verstappen saat ini memegang rekor sebagai pembalap termuda yang pernah ikut lomba F1 dalam usia 17 tahun, 166 hari, di GP Australia 2015. Ia merupakan putra dari mantan pembalap F1 Jos Verstappen.

Setelah menghabiskan seluruh musim 2015 dengan Toro Rosso, ia juga memulai kampanye 2016 dengan tim Italia, sebelum dipromosikan oleh Red Bull sebagai pengganti Daniil Kvyat, yang mengambil alih tempat duduknya di Toro Rosso. Ia memenangkan Grand Prix Spanyol 2016 dalam lomba debut untuk Red Bull pada usia 18, menjadi pemenang termuda dari Grand Prix dan balap pertama di bawah bendera Belanda. Dia memecahkan rekor sebelumnya atas nama Sebastian Vettel.


Max Emilian Verstappen lahir pada 30 September 1997 di Hasselt di Belgia. Keluarga Verstappen memiliki asosiasi lama dengan motor sport. Ayahnya, Jos Verstappen, adalah mantan driver Formula One, sementara ibunya, Sophie Kumpen, berkompetisi di karting. Pamannya, Anthony Kumpen, berkompetisi di balap ketahanan dan saat ini menjadi NASCAR Whelen Euro Series driver.

Meskipun ia lahir di kota Belgia Hasselt dari ayah Belanda dan ibu Belgia, tinggal di Bree, Belgia dan perjalanan dengan paspor Belgia, Verstappen memutuskan untuk bersaing dengan lisensi balap Belanda karena ia menghabiskan sebagian besar waktu kartingnya dikelilingi oleh orang-orang Belanda saat tumbuh dewasa di Maaseik, sebuah kota Belgia di perbatasan Belanda.

Verstappen berkompetisi di Formula Satu selama lebih dari setengah musim sebelum memperoleh izin jalan sebagai pengemudi, yang ia lakukan pada hari ulang ke-18 pada 30 September 2015.


Karir di karting

Verstappen mulai karting pada usia 4 tahun. Dia berkompetisi di kejuaraan Mini SMP provinsi asalnya Limburg (Belgia). Pada tahun 2006, Verstappen lulus ke Rotax Max kelas Minimax dan memenangkan kejuaraan Belgia. Pada tahun 2007, Verstappen memenangkan kejuaraan Belanda Minimax. Balapan di CRG kart dimasukkan oleh ayahnya, Verstappen memenangkan kejuaraan Minimax Belanda dan Belgia serta kejuaraan Cadet Belgia.

Pada tahun 2009, Verstappen bergabung dengan Team Pex Racing, tim customer CRG. Tahun itu, ia memenangkan kejuaraan Minimax Flemish dan kejuaraan KF5 Belgia. Pada tahun 2010, Verstappen melangkah ke karting internasional. Dia ditandatangani oleh CRG untuk balapan di tim pabrik mereka di kejuaraan dunia dan Eropa. Pada Piala Dunia KF3, Verstappen memperoleh posisi kedua dengan di belakang pengemudi berpengalaman, Alexander Albon. Verstappen mengalahkan Albon di WSK Euro Series. Dia juga memenangkan WSK World Series, mengalahkan Robert Vişoiu.

Pada tahun 2011, Verstappen memenangkan WSK Euro Series di Parilla -Powered CRG. Pada tahun 2012, Verstappen dipilih untuk Intrepid Driver Program untuk balapan di kelas KF2 dan KZ2. Ia memenangkan WSK Master Series di kelas KF2, mengalahkan pembalap CRG Felice Tiene. Verstappen memenangkan Selatan Garda Musim Dingin Piala di kelas KF2, mengalahkan Dennis Olsen dan Antonio Fuoco.

Pada akhir tahun 2012, diumumkan bahwa Verstappen akan meninggalkan Intrepid. Setelah bertugas singkat dengan CRG-dibangun Zanardi karts, Verstappen kembali ke tim pabrik CRG. Dia berkompetisi di SuperNationals skuša di kelas KZ2 di CRG, menyelesaikan 21. Pada tahun 2013, Verstappen memenangkan Eropa KF dan KZ kejuaraan. Pada usia 15, Verstappen memenangkan kejuaraan 2013 Dunia KZ di Varennes-sur-Allier, Prancis, di KZ1, kategori karting tertinggi.


Biodata Max Verstappen:
  • Lahir: 30 September 1997 Hasselt, Belgia
Sejarah karier dalam ajang Formula Satu:
  • Kebangsaan: Belanda
  • Tim saat ini: Toro Rosso-Ferrari
  • Tim 2016 : Toro Rosso - Ferrari, Red Bull Racing - TAG Heuer
  • nomor mobil: 33
  • Entries: 24 (24 dimulai)
  • kejuaraan: 0
  • Wins: 1
  • podium: 1
  • poin Karir: 87
  • posisi pole: 0
  • lap tercepat: 0
  • entri pertama: 2015 Grand Prix Australia
  • kemenangan pertama: 2016 Grand Prix Spanyol
  • kemenangan terakhir: 2016 Grand Prix Spanyol
  • entri terakhir: 2016 Grand Prix Spanyol
  • 2015 posisi: 12 (49 pts)