Profil & Biodata Gloria Natapradja Hamel - Batal Dikukuhkan sebagai Paskibraka 2016

Gloria Natapradja Hamel
Gloria Natapradja Hamel adalah siswi SMA Islam Dian Didaktika Cinere, Depok. Ia adalah wakil Paskibraka asal Provinsi Jawa Barat. Gloria Natapradja Hamel digugurkan dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang akan bertugas dalam upacara peringatan hari kemerdekaan RI ke-71 di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada 17 Agustus 2016 karena dianggap bukan warga negara Indonesia, ia diketahui memiliki paspor Perancis.

Gloria lahir di Jakarta, Indonesia 1 Januari 2000. Ia adalah anak dari ibunya, Ira Natapraja (warga negara Indonesia) dengan ayahnya yang bernama Didier Hamel (warga negara Prancis). Pendidikan dari TK, SMP, dan SMA di Indonesia. Sekolah menegah atasnya di SMA Islam Dian Didaktika Cinere, Depok.


Batal bertugas dalam upacara peringatan hari kemerdekaan RI ke-71 di Istana

Gloria Natapradja Hamel
Gloria
Calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka tingkat nasional Gloria Natapradja Hamel asal Depok, Jawa Barat, ditunda dilantik Presiden Joko Widodo di Istana karena karena bermasalah dengan kewarganegaraannya. Dia dianggap masih berkewarganegaraan Prancis.

Kepada Presiden Joko Widodo, Gloria Natapraja Hamel, membuat surat pernyataan sebagai warga negara Indonesia. Berikut ini cuplikannya...

SURAT PERNYATAAN SEBAGAI WARGA NEGARA REPUBLIK INDONESIA

Yang bertanda tangani di bawah ini
Nama: Gloria Natapraja Hamel
Lahir: di Indonesia - Jakarta 1 Januari 2000
Pendidkan: SMA Islam DIan Didaktika, Cinere, Depok
Nama ayah: Didier Hamel
Nama ibu: Ira Natapradja
Alamat: Jalan Sulawesi Blok G, nomor 96 A, Cinere Megapolitan Estate Depok, Jawa Barat

Saya ditakdirkan terlahir dari perkawinan antara ibu ayah bernama Ira Natapradja (WNI) dengan ayah saya yang bernama Didier Hamel (warga negara Prancis)

Bahwa saya sejak lahir sampai seaat ini tinggal di Indonesia dan mengikuti pendidikan sejak TK, SMP, dan SMA di Indonesia.

Bahwa saya tidak pernah memilih kewarganegaraan Prancis, karena dari dan nafas saya untuk Indonesia Tercinta.

Bahwa sesuai dengan Pasal 4 huruf s UU Nomor 12 Tahun 2006, saya adalah WNI serta sesuai dengan Pasal 21 UU Nomor 12 Tahun 2006, maka saya adalah WNI.

Maka dengan ini saya menyatakan kepada Yang Mulia Preisden RI Bapak Ir. H. Joko Widodo, saya warga negara Indonesia dan memilih kewarganegaraan Indonesia serta akan tetap menjadi warga negara Indonesia karena Indonesia adalah tanah tumpah darah saya.

Demikian pernyataan ini dibuat dengan sebenar-benarnya dan mengangkat sumpah atas kebenarannya.

Dibuat di Cibubur 13 Agustus 2006

Yang membuat pernyataan

Gloria Natapraja Hamel

Menyetujui/turut menyatakan

Ira Natapradja

Ibu Kandung




Ikut dalam upacara penurunan bendera 17/8/16

Setelah menggelar upacara pengibaran bendera dalam rangka HUT ke-71 RI pada Rabu (17/8/2016) pagi, Istana Kepresidenan kembali menggelar upacara penurunan bendera pukul 17.00 WIB sore.

Gloria Natapradja Hamel yang tak ikut dalam upacara pengibaran bendera karena masalah kewarganegaraan akhirnya ikut dalam tim penurun bendera sore itu.

Gloria bergabung dalam Tim Bima, yang khusus ditugaskan dalam penurunan bendera Merah Putih.


Sumber:
  • http://www.suara.com/news/2016/08/15/191000/surat-gloria-ke-jokowi-bikin-merinding-nafas-saya-buat-indonesia
  • http://nasional.kompas.com/read/2016/08/15/16454351/gugur.dari.paskibraka.gloria.akan.urus.status.kewarganegaraannya