Profil Adi Sasono - Menteri Koperasi dan UKM RI ke-5

Adi Sasono
Adi Sasono
Adi Sasono adalah mantan Menteri Koperasi dan UKM pada era Kabinet Reformasi Pembangunan.

Tokoh yang lahir di Pekalongan, Jawa Tengah, 16 Februari 1943 ini, dikenal sebagai tokoh LSM dan berbagai aktivitas kemasyarakatan lainnya. Selain itu ia juga merupakan tokoh Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Ikatan Pers Mahasiswa Indonesia (IPMI), Pelajar Islam Indonesia (PII) dan ICMI dengan pernah menjadi Sekretaris Umum pada tahun 1990-an.

Selain itu ia juga mendirikan Partai Merdeka yang menjadi peserta Pemilu 2004 di Indonesia. Sebelumnya, ia juga dikenal sebagai tokoh Dewan koperasi Indonesia (DEKOPIN).

Adi sasono pada saat itu menjadi menteri koperasi dan usaha kecil dicap dari salah satu media di luar negeri sebagai "Indonesia the most dangerous man", namun pada article Los Angles Times - Washington (dicukil dari the tufts daily, March 3, 1999), ia menyangkal "I've tried to convince them that I'm not dangerous at all"

Bila melihat program yang diajukan sewaktu di kementrian Koperasi dan usaha kecil adalah jelas untuk membela wong cilik dalam mengembangkan usaha di mana didasarkan selama 32 tahun dipimpin oleh pemimpin otoriter terdahulu lebih mengarah crony capitalism.


Meningal dunia

Adi Sasono meninggal dunia pada Sabtu (13/8/2013) petang. Kabar tersebut disampaikan politisi Partai Nasdem Akbar Faizal dalam akun twitternya.

"Telah Berpulang Bang Adi Sasono, pd pkl 17.20 hari ini 13 Agustus 2016. Kami mengenangmu sebagai seorg yg tangguh," tulis @Akbarfaizal 68, seperti dikutip Tribunnews.com.

Sumber: Wikipedia