Home » » Profil & biografi Andi Eka Sakya - Kepala BMKG

Profil & biografi Andi Eka Sakya - Kepala BMKG

 Andi Eka Sakya
 Andi Eka Sakya
DR. Andi Eka Sakya, M.Eng adalah Nama Pejabat di Lingkungan BMKG Pusat yang menjabat sebagai Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). ia juga menjabat sebagai Presiden WMO (World Meteorological Organisasi)  RA (Regional Association) V periode 2014-2018 yang sebelumnya dijabat Kepala BMKG  yang lama Dr. Ir. Sri Woro B. Harijono, M.Sc.

Andi Eka Sakya lahir di Solo, Jawa Tengah, pada 4 September 1957, pria yang akrab disapa Andi ini tak pernah bermimpi untuk menjadi seorang pejabat negara.

Mimpi Andi Eka Sakya dulu hanya ingin menjadi seorang peneliti dan bekerja di sebuah ruangan berteknologi canggih.


Bekerja sebagai peneliti

Sebelum menjabat sebagai Kepala BMKG, Andi Eka Sakya bekerja selama 15 tahun sebagai peneliti teknik penerbangan di Serpong, yang bernama Laboratorium Terowongan Angin. Di lab. tersebut ia bekerja mengecek bagaimana karakteristik take off dan landing, apakah ada terjadi sesuatu atau tidak.

Setelah itu ia ditugaskan di Menristek, di sana bekerja lebih banyak sebagai birokrat, menata kelolakan penelitian di Indonesia. Setelah itu dipindahtugaskan jadi Sekretaris Utama [BMKG] dan sekarang diberi tugas menjadi Kepala BMKG.

Beliau memiliki hobi dalam olahraga tenis, namun sekarang sudah tidak dilakukannya, karena osteoporosis.


Terpilih Sebagai Presiden WMO RA V

Berdasarkan aklamasi seluruh delegasi World Meteorology Organization dari 23 negara yang hadir dalam kegiatan meeting The 16th session of Regional Association V di BMKG Jakarta Selasa (6/5/2014) diadakan sesi penetapan President WMO Regional Association V periode 2014-2018.

Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng terpilih sebagai Presiden WMO RA V untuk periode 2014-2018, menggantikan pejabat yang lama yakni, Kepala BMKG  yang lama Dr. Ir. Sri Woro B. Harijono, M.Sc.


Tanda Kehormatan Bintang Jasa Utama

Bertempat di Istana Negara, Senin (15/8) bersama tokoh lainnya, Andi Eka Sakya mendapat anugerah tanda bintang kehormatan dari presiden Indonesia Joko Widodo.

Tanda Jasa ini dianugerahkan kepada empat tokoh yang dinilai telah memberikan sumbangsih dalam bidang sosial kemanusiaan. Keempat tokoh tersebut terdiri dari: Bupati Kabupaten Lahat Saifudin Aswari, Bupati Kabupaten Bantaeng Nurdin Abdullah, Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo dan Kepala BMKG Andi Eka Sakya.


Sumber: 
  • http://www.cnnindonesia.com/nasional/20160430221117-75-127761/andi-eka-sakya-ungkapkan-tantangan-terbesar-bmkg/
  • http://www.tribunnews.com/iptek/2014/05/06/kepala-bmkg-dr-andi-eka-sakya-terpilih-sebagai-presiden-wmo-ra-v