Profil M Buchori - Walikota Probolinggo Periode 2004-2009 dan 2009-2014

logo kota probolinggo
Lambang kota Probolinggo
H.M. Buchori, SH MSi (lahir di Probolinggo, Jawa Timur, 22 Juni 1954) adalah walikota Probolinggo yang menjabat pada dua periode yakni 2004-2009 dan 2009-2014. Ia digantikan oleh istrinya Rukmini Buchori yang menang dalam pilwali Probolinggo 2013.

Ia dikenal sebagai walikota yang sering blusukan ke berbagai sudut kota Probolinggo bersama lima orang camat yang dibawahinya. Pada masa pemerintahannya digelar program layanan daring keluarga miskin dan acara aktualisasi seni budaya SemiPro (Seminggu di Probolinggo). Selain itu pada tahun 2010 ia mendapat penghargaan tokoh penggerak Koperasi 2010 dari Menteri Koperasi Republik Indonesia.

H.M. Buchori menikah dengan Rukmini Buchori. Dari pernikahan ini mereka dikaruniai empat orang anak yakni: Rica Octania, Ina Dwi Lestari, Indi Eko Januarto, dan Indro Bramanto.


Terlibat dugaan korupsi Dana Alokasi Khsusus

Penyidik Kejaksaan Agung (Kejagung) memeriksa M Buchori selama 4 jam. kemudian menahan Mantan Wali Kota Probolinggo HM Buchori di Rutan Klas I Surabaya di Medaeng, Sidoarjo. Ia menjadi pesakitan karena terlibat dugaan korupsi Dana Alokasi Khsusus (DAK) Pendidikan tahun 2009.

Ia ditahan seusai menjalani proses penyerahan berkas, tersangka, dan barang bukti dari penyidik Kejagung ke Jaksa Penuntut Kejaksaan Negeri (Kejari) Probolinggo, yang dilaksanakan di kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim di Surabaya.

Sebelumnya, dua tersangka kasus dugaan Korupsi DAK tahun 2009, pihak kejaksaan telah menahan Wakil Wali Kota Probolinggo Suhadak dan Rekanan Sugeng Wijaya. Tahun 2009 DAK Pendidikan untuk Kota Probolinggo sebesar Rp15,9 Miliar. Dana yang bersumber dari APBN 2009 itu, digunakan untuk bantuan fisik sekolah. Dalam pengelolaan itu, ada penyelewengan realisasi DAK dan menimbulkan kerugian negara sebesar Rp1,68 Miliar. Modus korupsi tiga tersangka ini, selain menerima fee juga mengurangi spesifikasi teknis pengadaan barang dan jasa.

Buchori sendiri diduga terlibat dalam kasus tersebut karena menerima fee sebesar 5 persen dari nilai proyek yang digarap secara swakelola itu. (Sumber)


Biodata H.M. Buchori, SH MSi

Jabatan: Wali Kota Probolinggo ke-19
Masa jabatan: 2004–2014

Informasi pribadi
  • Lahir: 22 Juni 1954 Kota Probolinggo, Jawa Timur
  • Kebangsaan: Indonesia
  • Istri: Rukmini Buchori
  • Anak: Rica Octania, Ina Dwi Lestari, Indi Eko Januarto, Indro Bramanto
  • Agama: Islam