Home » » Biografi January Christy - Penyanyi Bersuara Unik

Biografi January Christy - Penyanyi Bersuara Unik

January Christy
January Christy
(id.wikipedia.org)
January Christy adalah penyanyi berkebangsaan Indonesia yang bersuara unik dan terkenal dengan lagu "Melayang" ciptaan grup musik jazz 2D-Dian Pramana Poetra dan Deddy Dhukun.


Karier

Perempuan kelahiran Bandung, 17 Januari 1958 ini sebelum berkarier di Indonesia pernah melakukan rekaman di Jerman dan terhitung sukses sehingga kemudian ia membuat album keduanya yang lagu-lagunya diciptakan oleh Deddy Dukun – Dian Pramana Putra (2D) seperti lagu "Aku ini Punya Siapa". Setelah istirahat selama sepuluh tahun , Ia kembali merilis album lagu "Putra Sang Fajar". Di Jerman Christy merekam single dengan judul ‘Only a Fool’.

Dengan lagu yang berjudul "Melayang" ciptaan grup musik jazz 2D-Dian Pramana Poetra dan Deddy Dhukun, lagu dari albumnya yang bertajuk "Melayang" yang rilis pada tahun 1986, dia berhasil dinobatkan sebagai salah satu dari "150 Lagu Indonesia Terbaik Sepanjang Masa" oleh majalah Rolling Stone. Sehingga kemudian ia membuat album keduanya yang lagu-lagunya diciptakan oleh 2D seperti lagu "Aku ini Punya Siapa".

January Christy pernah tertangkap tahun 1997 karena penyalahgunaan nark0ba.

Setelah mengalami kevakuman selama sepuluh tahun, January Christy akhirnya kembali merilis album pada tahun 2001. Lagu-lagu di album ketiganya ini diambil dari 3 albumnya "Melayang", "Aku Ini Punya Siapa" dan "Mana", plus 2 lagu baru. Lagu baru "Putra Sang Fajar" dan "Tertawalah" tidak berhasil menjadi sebuah hits. Tapi bagi fans January Christy, album tersebut merupakan album the best yang lumayan komplit menghadirkan lagu-lagu terbaik darinya.


Meninggal dunia

January Christy meninggal dunia, Jumat 16 September 2016 pukul 00.46 dini hari  pada umur 58 tahun.

Sebelumnya January Christy masuk RSHS melalui IGD tanggal 26 Agustus 2016, lalu masuk ICU di tanggal yang sama. Selama beberapa bulan January dirawat di Rumah Sakit Advent Bandung. January dirawat karena mengidap penyakit jantung, paru-paru, dan asma.

Tanggal 29 Agustus 2016, January masuk ke ruang medical intermediate care (MIC) dan, tanggal 16 September 2016 pukul 00.46, pasien dinyatakan meninggal dunia.


Diskografi

Album
  • 1986 - Melayang
  • 1987 - Aku Ini Punya Siapa
  • 1989 - Mana
  • 1991 - Tutup Mata
Kompilasi
  • 2001 - Album Collections (" Putra Sang Fajar") 2001 Produksi Pro Sound

Sumber: