Home » » Biodata Bripda Nina Oktoviana - Anggota Brimob Aceh Berjilbab Cantik

Biodata Bripda Nina Oktoviana - Anggota Brimob Aceh Berjilbab Cantik


Bripda Nina Oktoviana
Bripda Nina Octaviana adalah seorang wanita yang berprofesi sebagai anggota Datasemen Gegana Korps Brigade Mobil (Brimob) Polda Aceh.  Bripda Nina dikenal memiliki wajah yang sangat manis dan akan membuat siapapun yang melihatnya pasti jatuh cinta. Berbagai pujianpun ditujukan untuknya, termasuk dari dai kondang Indonesia Ustaz Yusuf Mansur.

Tak hanya cantik, sebagai seorang anggota Brimob, Bripda Nina Octaviana ternyata juga memiliki segudang prestasi. Dikabarkan ia sempat menolak saat ditempatkan sebagai staf BKO (bawah komando) administrasi di Detasemen Gegana Brimob Lingke, Syiah Kuala, lalu kemudian Nina lolos screening pasukan organic perlawanan terorisme (wantetor).

Nina Octaviana menjadi polwan sejak Januari 2014 dan bertugas di Polda Aceh. Ia merupakan satu-satunya anggota Brimob perempuan Polda Aceh yang saat ini ada di satuan Gegana. Di satuan Brimob katanya hanya ada lima polisi wanita, tiga di antaranya ditempatkan di Mako Brimob Jambo Tape Banda Aceh sebagai staf. Dua lainnya, termasuk Bripda Nina ditempatkan di Gegana.

Nina Oktaviana lahir di Aceh Besar pada 24 Oktober 1993. Lulus dari Sekolah Kepolisian Wanita Ciputat pada Desember 2013. Ia resmi menjadi polisi wanita pada Januari 2014 setelah mengikuti pendidikan selama tujuh bulan. Setelah itu ia mengikuti orientasi di Polda Aceh hingga Juli 2014. Begitu masa orientasi selesai Bripda Nina minta ditempatkan di Brimob.

Nina memilih menjadi pasukan Brimob sejak Juli 2014. Posisi itu dipilihnya usai mengikuti sekolah Polisi Wanita (Polwan) Ciputat pada 2013. Di Brimob, ia bergabung dengan Gegana, pasukan khusus yang memiliki kemampuan seperti antiteror, dan penjinakan bom.

Bripda Nina OktovianaWalaupun belum pernah terjun langsung ke lapangan, tapi Bripda Nina mengaku sangat bangga karena mendapat latihan yang terbilang menantang bagi dirinya seperti Perlawan Teror (Wanteror). Kemampuan itu hanya dimiliki pasukan Brimob.

Meski sudah bergabung dengan Brimob sejak tujuh bulan lalu, Nina tetap mengenakan jilbab dalam bertugas. Baginya, kerudung akan membuatnya tampil lebih rapi dan tidak mengganggu dirinya sebagai aparat penegak hukum. Rupanya, ia sendiri mulai berjilbab sejak masih duduk di bangku Sekolah Dasar.

Seperti halnya dalam foto yang beredar secara viral, senjata yang ditenteng Bripda Nina adalah jenis Steyr AUG. Saat foto itu diambil katanya ia baru selesai latihan gabungan bersama tim Raider TNI. Senjata Steyr AUG itu seperti dikutip AtjehPost, baru ia kenal setelah dirinya resmi menjadi Brimob.


Pernikahan

Bripka Nina Octavina menikah dengan Iptu Radian Andy Pratomo pada 22 September 2016 di Masjid Baiturrahman, Banda Aceh. Setelah itu, dilanjutkan dengan acara resepsi di rumah mempelai wanita dan pria, yakni di Aceh Barat serta Bandar Lampung.

Baca: "Profil dan Biodata Iptu Radian Andy Pratomo"

Iptu Radian Andy Pratomo merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 2012, atau Wiratama Bhayangkara/XLIV. Wiratama Bhayangkara sendiri merupakan detasemen ke-44 yang dibentuk bagi siswa Akpol yang mulai menjalani pendidikan sejak 2009 lalu.

Setelah lulus, Radian ditunjuk untuk menduduki posisi sebagai Bamin Subbag Renmin Satbrimob Polda Bengkulu. Sesuai Telegram Polri nomor ST/483/II/2016, dia pernah ditunjuk untuk mengikuti seleksi Penugasan Anggota Polri sebagai Calon Satgas FPU Indonesia IX Gelombang II dan akan ditugaskan ke Darfur. Kini, Radian menjabat sebagai Kapolsek Pondok Kelapa, Bengkulu Tengah.