Home » » Biografi Muhammad Maftuh Basyuni - Menteri Agama Indonesia ke-20

Biografi Muhammad Maftuh Basyuni - Menteri Agama Indonesia ke-20

Biodata Muhammad Maftuh Basyuni
Muhammad Maftuh Basyuni
Menteri Agama Indonesia ke-20, Masa jabatan: 21 Oktober 2004 – 20 Oktober 2009
Lahir: 4 November 1939 Rembang, Jawa Tengah, Hindia Belanda
Meninggal: 29 September 2016
Kebangsaan: Indonesia
Agama: Islam

Muhammad Maftuh Basyuni, SH. adalah Menteri Agama pada Kabinet Indonesia Bersatu pimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wapres Jusuf Kalla. Selain pernah menjabat sebagai Menteri Agama RI, ia juga menjabat sebagai Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) periode 2014-2017.

Maftuh lahir di Rembang, Jawa Tengah pada 4 November 1939. Ia menyelesaikan pendidikan sarjananya di Universitas Islam Madinah, Arab Saudi pada tahun 1968. Sepulang ke Indonesia, Maftuh diberi kesempatan untuk mengabdi kepada Negara.

Periode 1976-1979, ia tampil sebagai Sekretaris Pribadi Duta Besar Indonesia di Jeddah. Selain sebagai kepala rumah tangga kepresidenan saat Soeharto memimpin negara Indonesia, ia juga menjabat Sekretaris negara pada pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid. Sejak 2002, ia adalah Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi.

Pada 2004, ia tampil sebagai ketua Delegasi Indonesia pada Pertemuan Tingkat Menteri OKI. Selanjutnya, ia diminta Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk bergabung ke dalam Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) I sebagai Menteri Agama.

Sesudah melepas pengabdian sebagai Menteri Agama, Maftuh tak lantas berhenti mencurahkan perhatiannya kepada Negara.


Meninggal dunia

Maftuh Basyuni meninggal dunia pada hari Selasa, 29 September 2016 pada pukul 18.30 WIB. Maftuh Basyuni meninggal saat dirawat di rumah sakit RSPAD Gatot Subroto.

Sebelumnya, almarhum Maftuh sempat dirawat di salah satu rumah sakit di Malaysia. Di rumah sakit tersebut Maftuh sempat menjalani penyinaran untuk penyakit kankernya di sekitar paru-paru.


Sumber: