Home » » Biodata & Profil Amalia Ayuningtyas - Koordinator & Pendiri Teman Ahok

Biodata & Profil Amalia Ayuningtyas - Koordinator & Pendiri Teman Ahok

Amalia Ayuningtyas
Amalia Ayuningtyas
Amalia Ayuningtyas adalah Koordinator Teman Ahok, ia merupakan salah satu dari 5 pendiri Teman Ahok lainnya. Pendiri lainnya yaitu Aditya Yogi Prabowo, Ricard Handris Purwasaputra, Singih Widyastomo dan Muhammad Fathony.

Ia kerap tampil manakala media meminta konfirmasi dari komunitas pengumpul KTP Basuki T Purnama (BAP) alias Ahok agar ia bisa bertarung di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI 2017.

Menurut Teman Ahok, ide awal komunitas pengumpul KTP yang berdiri pada pertengahan 2015 ini merupakan bentuk kekhawatiran tidak didukungnya Gubernur DKI Basuki T Purnama oleh Partai politik.

“Karena itu, jika parpol tidak memerjuangkan Ahok, sebagai warga juga bisa memerjuangkan beliau. Semoga ini bisa menjadi pelajaran kepada Parpol agar lebih mendengarkan suara warga ketimbang elite saja,” demikian bunyi keterangan tertulis pada situs Teman Ahok.


Profil Amalia Ayuningtyas

Amalia Ayuningtyas (24 tahun). Perempuan berhijab ini lahir pada 26 Januari 1992 dan merupakan mantan account executive di media bisnis Kontan. Ketika masih mahasiswa, Amalia aktif di lembaga pers mahasiswa UI–Suara Mahasiswa (2010-2014) dan juga pernah aktif sebagai Junior Consultant di Cyrus Network pada 2013-2014.

Ketika di bangku kuliah, Amalia juga pernah aktif di sejumlah organisasi. Misalnya ia pernah aktif di Forum Indonesia Muda, dan juga di Suara Pemuda Anti Korupsi (ClubSPEAK) sebagai Ketua Departemen Hubungan Masyarakat.

Amalia juga pernah menjadi siswi di SMAN 3 Yogyakarta dan lulus tahun 2010. Kegemaran Lia berorganisasi sudah terlihat sejak SMA dengan aktif di OSIS SMAN 3 Periode 2008-2009. Ia kemudian melanjutkan pendidikannya ke FISIP Universitas Indonesia dan lulus tahun 2015.

Sejak mendirikan Teman Ahok, Lia bersama empat orang kawannya bahu membahu menyuskseskan Ahok maju dalam Pilgub DKI Jakarta 2017. Merekapun menyusun sejumlah program dan strategi agar Ahok bisa didukung penuh oleh masyarakat Jakarta dalam Pilkada 2017.  Salah satu aksi yang menonjol adalah mengumpulkan 1 juta Kartu Tanda Penduduk (KTP) DKI Jakarta untuk mendukung Ahok maju sebagai bakal calon Gubernur DKI di jalur independen.

Ia mangaku rencana ke depannya setelah Pilkada DKI Jakarta pada 2017 selesai, Lia ingin melanjutkan studinya di Strata 2 (S2). Ia mengaku sudah mendapatkan tawaran dari beberapa universitas di luar negeri.


Biodata Amalia Ayuningtyas:

Nama: Amalia Ayuningtyas
Lahir: 26 Januari 1992

Pendidikan: 
  • SMAN 3 Yogyakarta dan lulus tahun 2010
  • FISIP Universitas Indonesia dan lulus tahun 2015
Aktivitas: 
  • Mendirikan "Teman Ahok", 
  • Mantan account executive di media bisnis Kontan, 
  • Ketika masih mahasiswa aktif di lembaga pers mahasiswa UI–Suara Mahasiswa (2010-2014)
  • Sebagai Junior Consultant di Cyrus Network pada 2013-2014, 
  • Forum Indonesia Muda
  • Suara Pemuda Anti Korupsi (ClubSPEAK) sebagai Ketua Departemen Hubungan Masyarakat.
Media Sosial:
 (berbagai sumber)