Home » » Profil & Biodata Kopral Bagyo - Prajurit Kuat Tentara Hebat

Profil & Biodata Kopral Bagyo - Prajurit Kuat Tentara Hebat

Kopral Bagyo
Kopral Kepala (Cpm) Partika Subagyo Lelono
Kopral Kepala (Cpm) Partika Subagyo Lelono adalah seorang Tamtama Kepala (Kopral) TNI Angkatan Darat yang saat ini berdinas di Detasemen Polisi Militer IV/4 Surakarta. Ia juga pemegang Medali Emas sebagai Prajuit Terkuat TNI AD dari Wakil Kepala Staf Angkatan Darat, Letjen TNI Johannes Suryo Prabowo.

Pria yang lahir di Banyuwangi, Jawa Timur, 14 Desember 1963 ini merupakan salah seorang anggota TNI yang sering membuat aksi-aksi yang menghebohkan dan membuat banyak orang menjadi kagum.

Kopral Bagyo tercatat pernah melakukan push up 21 jam 40 menit di atas panggung terbuka di depan Balai Kota Solo, Jawa Tengah, pada 2006. Rekornya itu tercatat oleh Muri.

Ia juga merupakan pemecah rekor jungkir balik 5 kilometer di sepanjang Jalan Slamet Riyadi Solo pada 2012 dan pemecah rekor jalan mengelilingi Monas sambil membawa batu 15 kilogram selama 25 jam non-stop pada 2013.


Berikut ini Beberapa Aksi Ekstrim yang pernah dilakukan Kopral Bagyo

Push up 21 jam 40 menit

Pada Rabu, 22 Juni 2011, Subagyo melakukan push up dengan posisi kaki lebih tinggi dari pada kepala. Push up dilakukan saat mobil berjalan. Hebatnya, push up, tidak berhenti sampai mobil itu berputar dari Kawasan Kerten hingga ke markasnya di Jalan Arifin Solo. Ada sekitar dua jam Subagyo beratraksi ekstrem itu.

Pada 2006, Subagyo juga pernah push up selama 21 jam 40 menit. Aksi itu membuatnya tercatat di Museum Rekor Indonesia (Muri), dengan kategori push up terlama.


Minum minyak rem dan mandi air cabai

Pada Hari TNI, 5 Oktober 2011, Subagyo melakukan aksinya di depan puluhan warga dan penarik becak di sekitar SD Marsudirini Solo. Dia minum minyak rem, mandi air cabai, dan mematikan api r0k0k dengan cara dikunyah.

Atraksi itu hanya berlangsung 15 menit, Bagyo memulai atraksi dengan meminum minyak rem, lalu mandi dengan air bercampur ulekan cabai. Setelah itu Bagyo menghampiri puluhan penarik becak yang memegang r0k0ok menyala dan mengambil r0k0k itu satu per satu lalu mematikan apinya dengan cara dikunyah.


Mandi air aki

Pada 26 Juni 2012, Kopral Subagyo jalan di atas paku dan mandi air aki. Dengan kaki t3l4nj4ng Subagyo berjalan di atas ujung-ujung paku tajam. Sambil mandi cairan accu mulai kepala sampai telapak kaki. Menurut Subagyo aksi ini sebagai wujud rasa bangga berada di barisan prajurit, sekaligus menyambut HUT Detasemen Polisi militer ke-66.


Lari 24 jam nonstop

Dalam rangka HUT TNI, 5 Oktober 2012, Subagyo memenuhi janjinya dengan melakukan jalan kaki atau lari kecil mengelilingi Istana Mangkunegaran Solo, selama 24 jam nonstop.

Tepat hari Jumat (5/10)pukul 10.00 WIB, Subagyo mengakhiri aksinya di depan Istana Mangkunegaran. Langkah pertama dilakukan Subagyo sehari sebelumnya pada jam yang sama.

Kegiatan jalan kaki atau lari mengelilingi Istana Mangkunegaran dilakukan sebanyak 72 putaran dengan jarak sekitar 1.650 meter. Dengan demikian, jarak total yang ditempuh Subagyo sejauh 118,8 kilometer.


Koprol sepanjang 5 Km

Pada 14 Des 2012, Kopral Subagyo melakukan koprol sepanjang 5 kilometer. Dia berjungkir balik badan sepanjang 5 kilometer.

Aksi ini diawali dari depan Markas Komando Resor Militer (Korem) 074/Warastratama di Solo. Rutenya adalah menyusuri Jalan Slamet Riyadi yang berakhir di Bundaran Gladag Solo.
Subagyo, yang didampingi sejumlah rekannya, membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam untuk menyelesaikan aksinya itu.


Push up satu jari

Pada peringatan Hari Juang Kartika di Ambarawa tahun 2010, Kopral Subagyo push up dengan satu tangan di atas punggung. Saat itu dirinya di sela-sela acara perlombaan pasang tenda, memanfaatkan waktu jeda istirahat. Atas aksi spontan tersebut Subagyo mendapat medali sebagai "Prajurit kuat tentara hebat". 


Aksi Gendong

Subagyo pernah melakukan aksi menggendong seorang perempuan renta, dia berjalan dari Pasar Gede Solo menuju markas Denpom IV di Jalan Arifin Solo.


Koprol mengelilingi Tugu Monas

Pada 17 Juni 2016, dalam keadaan berpuasa Kopral Bagyo jungkir balik mengelilingi Tugu Monas (lebih kurang tiga kilometer) sejauh satu putaran dalam waktu 22 menit. Aksi tersebut dilakukan untuk menyambut HUT POM TNI AD yang ke 70.


Biodata Kopral  Bagyo

Informasi pribadi:
  • Nama lengkap: Partika Subagyo
  • Lahir: 14 Desember 1963 Banyuwangi, Jawa Timur
  • Kebangsaan: Indonesia
  • Suami/istri: Windari Murwani Pancaningsih
  • Menantu: Serma Cpm Mulyono
  • Cucu: Dhio Pablo Mulyono
  • Anak: 1. Ika Pastika, 2. Serda Cpm Yudho Bangun Partika
  • Orang Tua: Pablo Partika Suandi (Indo Belanda)
  • Alma mater: Secata PK
Dinas militer
  • Pengabdian: Indonesia
  • Dinas/cabang: Lambang TNI AD.png TNI Angkatan Darat
  • Pangkat: Kopral Kepala (Kopka)
  • Unit: Polisi Militer TNI-AD
  • Penghargaan: Pemegang Rekor Medali Prajurit Terkuat TNI-AD - Pemegang DAN II Karate.

Aksi Kopka Bagyo
  1. Push up 21 jam 40 menit
  2. Minum minyak rem dan mandi air cabai
  3. Mandi air aki
  4. Lari 24 jam nonstop
  5. Koprol sepanjang 5 Km
  6. Push up satu jari
  7. Aksi Gendong
  8. 15 menit dipukuli tentara satu kompi
  9. Jalan kaki mengelilingi istana Mangkunegaraan Solo selama 24 jam nonstop
  10. Mengitari Monumen Nasional (Monas) selama 25 jam
  11. Jungkir balik mengelilingi Tugu Monas

Sumber:
  • Wikipedia
  • merdeka.com