Home » » Virginia Raggi - Pengacara Cantik, Wali Kota Perempuan Pertama Roma

Virginia Raggi - Pengacara Cantik, Wali Kota Perempuan Pertama Roma

Virgina Raggi / Virgina Raggi
Virginia Raggi (pengucapan Italia: [virdʒiːnja raddʒi]) adalah seorang pengacara Italia yang terpilih menjadi Wali Kota Roma. Ini membuatnya menjadi wali kota perempuan pertama di kota terbesar di Italia tersebut.

Kemenangan dari pengacara cantik yang lahir pada 18 Juli 1978 ini juga menjadi keberhasilan besar bagi partai yang mengusungnya yaitu Partai Pergerakan Lima Bintang (Movimento Cinque Stelle/M5S) milik komedian Beppe Grillo.

Perempuan yang saat ini berusia 37 tahun ini, melaju ke Balai Kota Roma pada Minggu 19 Juni 2016 dengan memenangkan dua pertiga dari total suara yang ia perebutkan dengan Roberto Giachetti yang berasal dari partai Perdana Menteri Italia, Matteo Renzi yaitu Partai Demokratik, demikian seperti dikutip dari Al Jazeera, Senin (20/6/2016).

Sementara menurut en.wikipedia.org, Raggi dan partainya ( Five Star Movement, M5S) memperoleh urutan pertama di putaran pertama pemungutan suara (5 Juni 2016) di pemilihan walikota Roma dengan mengumpulkan lebih dari 35 persen suara. Dalam putaran kedua pemungutan suara ( 19 Juni 2016), Raggi berhadapan dengan Roberto Giachetti, anggota dari Partai Demokrat (PD) dan Wakil Presiden Italia Chamber of Deputies di Legislatif XVII, yang memperoleh lebih dari 24 persen suara di putaran pertama: Raggi memenangkan putaran kedua dengan lebih dari 67 persen suara; dia adalah wanita pertama dan anggota pertama dari M5S untuk memegang kantor Campidoglio ( Walikota Roma ).

“Sebuah era baru akan dimulai bersama kita. Kita akan bekerja sama untuk membawa kembali legalitas dan transparansi ke institusi di kota ini (Roma),” ujar Raggi.

Pengacara cantik yang telah menikah yang sebelumnya tidak pernah terdengar sama sekali namanya, mendadak menjadi terkenal di media internasional. Sebab, banyak pihak yang sesumbar bahwa jika ia menang dalam pemilihan Wali Kota Roma maka hal tersebut akan menjadi pukulan telak terhadap partai dari PM Renzi.

Partai M5S muncul sebagai partai oposisi dari Partai Demokratik dan dikabarkan dengan kemenangan Raggi dalam pemilihan Wali Kota Roma tersebut maka jalan bagi partai ini untuk ikut berlomba dalam pemilihan umum pada 2018 akan semakin terbuka.

Virginia Raggi
Biodata Virginia Raggi

Jabatan: Walikota Roma ke-65
Aktif: 20 Juni 2016

Data pribadi
  • Lahir: Virginia Elena Raggi, 18 Juli 1978 Roma, Italia
  • Partai Politik:  Five Star Movement, M5S (Gerakan Bintang Lima)
  • Pasangan: Andrea Severini
  • Anak-anak: 1
  • Alma mater: Roma Tre University
  • Pekerjaan: Pengacara
  • Agama: Katolik Roma