Home » » Daftar Pahlawan Nasional dari Maluku & Maluku Utara

Daftar Pahlawan Nasional dari Maluku & Maluku Utara

Pattimura
Maluku atau yang dikenal secara internasional sebagai Moluccas adalah provinsi yang ada di Indonesia. Lintasan sejarah Maluku telah dimulai sejak zaman kerajaan-kerajaan besar di Timur Tengah seperti kerajaan Mesir yang dipimpin Firaun. Bukti bahwa sejarah Maluku adalah yang tertua di Indonesia adalah catatan tablet tanah liat yang ditemukan di Persia, Mesopotamia, dan Mesir menyebutkan adanya negeri dari timur yang sangat kaya, merupakan tanah surga, dengan hasil alam berupa cengkeh, emas dan mutiara, daerah itu tak lain dan tak bukan adalah tanah Maluku yang memang merupakan sentra penghasil Pala, Fuli, Cengkeh dan Mutiara. Pala dan Fuli dengan mudah didapat dari Banda Kepulauan, Cengkeh dengan mudah ditemui di negeri-negeri di Ambon, Pulau-Pulau Lease (Saparua, Haruku & Nusa laut) dan Nusa Ina serta Mutiara dihasilkan dalam jumlah yang cukup besar di Kota Dobo, Kepulauan Aru.

Provinsi Maluku dan Maluku Utara membentuk suatu gugus-gugus kepulauan yang terbesar di Indonesia dikenal dengan Kepulauan Maluku dengan lebih dari 4.000 pulau baik pulau besar maupun kecil.

Terdapat 4 (Empat) nama pahlawan nasional yang berasal dari Provinsi Maluku yakni, Johannes Leimena, Karel Satsuit Tubun, Martha Christina Tiahahu, dan Pattimura. Sedangkan di Provinsi Maluku Utara hanya satu nama saja yaitu, Nuku Muhammad Amiruddin. Berikut ini sajian lengkapnya.

Keterangan: klik nama Pahlawan Untuk mengetahui profil, Biodata, serta Biografinya.


Pahlawan Nasional Provinsi Maluku
  1. Johannes Leimena, lahir: 1905, Wafat: 1977, Jasa: Menteri Kesehatan Pertama, mengembangkan sistem klinik Puskesmas, tahun penetapan menjadi Pahlawan Nasional: 2010.
  2. Karel Satsuit Tubun, lahir: 1928, Wafat: 1965, Jasa: Brigadir polisi, terbunuh saat Gerakan 30 September, tahun penetapan menjadi Pahlawan Nasional: 1965.
  3. Martha Christina Tiahahu, lahir: 1800, Wafat: 1818, Jasa: Gerilyawan dari Maluku yang wafat saat ditahan Belanda, tahun penetapan menjadi Pahlawan Nasional: 1969.
  4. Pattimura, lahir1783, wafat: 1817, Wafat: Gerilyawan dari Maluku yang melakukan perlawanan terhadap pasukan kolonial Belanda, tahun penetapan menjadi Pahlawan Nasional: 1973.

Pahlawan Nasional Provinsi Maluku Utara (Malut)

Sultan Nuku Muhammad Amiruddin, lahir: 1738, Wafat: 1805, Jasa: Sultan Tidore, memimpin beberapa pertempuran laut melawan pasukan kolonial Belanda, tahun penetapan menjadi Pahlawan Nasional: 1995.