Home » » Biografi Juan Manuel Fangio - Legenda Dunia Balap Formula 1

Biografi Juan Manuel Fangio - Legenda Dunia Balap Formula 1

Juan Manuel Fangio
Juan Manuel Fangio
Juan Manuel Fangio  adalah seorang pembalap mobil dari Argentina. Fangio mendominasi sepuluh tahun pertama dari penyelenggaraan balap Formula 1 dengan memenangi kejuaraan dunia sebanyak lima kali yaitu pada tahun 1951, 1954, 1955, 1956, dan 1957.

Fangio lahir pada hari San Juan tahun 1911 pada jam 12:10 di Balcarce, sebuah kota kecil di selatan Provinsi Buenos Aires, Argentina. Ia adalah anak keempat dari enam bersaudara.

Ayahnya Loreto, sejak kecil beremigrasi ke Argentina, kota Italia tengah Castiglione Messer Marino. Ibunya, Herminia Déramo adalah dari Tornareccio. Kedua orang tua dari provinsi Chieti, dari wilayah Abruzzo dan menikah pada tanggal 24 Oktober 1903. Mereka tinggal di peternakan, Herminia bekerja sebagi pembantu rumah tangga dan Loreto bekerja dalam perdagangan bangunan menjadi tukang batu.

Waktu kecilnya Juan dikenal sebagai El Chueco, yang artinya berkaki bengkok, yakni sebutan untuk keahliannya dalam menekuk kaki kirinya dalam bermain bola untuk menendang bola ke gawang selama permainan sepak bola.

Sejak kecil, ia meninggalkan studinya untuk menjadi montir mobil. Pada tahun 1938, ia memulai debutnya di Turismo Carretera, bersaing dalam Ford V8. Pada tahun 1940, ia bersaing dengan Chevrolet, memenangkan Grand Prix Championship Internasional dan mencurahkan waktunya untuk menjadi juara Argentina Turismo Carretera, sebuah judul ia berhasil mempertahankan setahun kemudian. Fangio kemudian berkompetisi di Eropa antara tahun 1947 dan 1949 di mana ia mencapai keberhasilan lebih lanjut.

Ia memenangkan Kejuaraan Rekor Dunia Drivers lima kali yang bertahan selama 47 tahun sampai dikalahkan oleh Michael Schumacher -dengan empat tim berbeda ( Alfa Romeo, Ferrari, Mercedes-Benz dan Maserati), suatu prestasi yang belum pernah terjadi setelahnya. Seorang anggota Formula 1 Hall of Fame, dianggap oleh banyak orang sebagai salah satu driver F1 terbesar sepanjang masa yang mengantongi angka tertinggi dalam hal persentase kemenangan di arena balap Formula 1, yaitu 46,15 persen. Dari 52 balapan yang diikuti Fangio, 24 di antaranya berakhir dengan kemenangan.

Fangio adalah satu-satunya pembalap Argentina yang telah memenangkan Grand Prix Argentina, setelah memenangkan empat kali dalam karir-the-nya sebagian driver besar.

Setelah pensiun, Fangio memimpin sebagai presiden kehormatan Mercedes-Benz Argentina dari tahun 1987, setahun setelah peresmian museum, sampai kematiannya pada tahun 1995. Pada tahun 2011, pada seratus tahun kelahirannya, Fangio dikenang di seluruh dunia dan berbagai kegiatan yang digelar pada kesempatan ulang tahunnya.


Google Doodle

Hari Lahir Juan Manuel Fangio ke-105
Memperinganti Hari Lahir Juan Manuel Fangio ke-105, Google Doodle
Hari Jumat (24/6/2016), laman utama mesin pencari Google menampilkan doodle untuk memperingati hari ulang tahun ke-105 sosok Juan Manuel Fangio Deramo.

Desain doodle kali ini menampilkan gambar berdesain retro dengan elemen visual berupa mobil balap dan karikatur foto diri Fangio yang mengenakan helm dan kacamata pelindung.


Sumber: en.wikipedia.org